Evi Wisata

30 Tempat Wisata Di Banten Murah yang Lagi Hits 2024, Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata Di Banten
Sumber: bobobox.com

Eviwisata.com – Banten, sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, menyimpan segudang destinasi wisata menarik yang siap memanjakan mata dan jiwa Anda. Dari pantai yang eksotis, pegunungan yang menantang, hingga situs-situs budaya yang sarat sejarah, Banten menawarkan sesuatu untuk setiap jenis pelancong. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Banten yang murah dan lagi hits, yang wajib Anda kunjungi!

Tempat Wisata Pantai dan Pulau di Banten

Tempat Wisata Pantai dan Pulau di Banten
Sumber: linkaja.id

Banten memiliki garis pantai yang panjang dan menawarkan banyak pantai indah serta pulau-pulau eksotis yang cocok untuk berbagai aktivitas rekreasi. Dari pantai yang cocok untuk bersantai hingga pulau dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, berikut adalah beberapa pantai dan pulau di Banten yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Anyer

Terletak di Desa Bandulu, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Pantai Anyer adalah salah satu pantai paling populer di Banten. Pantai ini menawarkan pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang, cocok untuk berenang dan berbagai aktivitas air seperti snorkeling dan banana boat.

Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau. Pantai ini buka 24 jam dengan tiket masuk sekitar Rp100.000 per mobil. Di sekitar pantai, terdapat berbagai fasilitas seperti restoran, penginapan, dan penyewaan peralatan olahraga air, membuat Pantai Anyer menjadi destinasi yang lengkap untuk liburan keluarga.

Baca juga: Tempat wisata Pandeglang

2. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung berlokasi di Desa Tanjung Jawa, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Dikenal dengan keindahan hamparan pasir putihnya yang luas dan air laut yang jernih, pantai ini sangat cocok untuk aktivitas seperti voli pantai, berselancar, dan menikmati sunset.

Pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti resort mewah, restoran, dan area bermain anak. Tiket masuknya adalah Rp25.000 pada hari biasa dan Rp45.000 pada hari libur, dan buka 24 jam. Bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman menginap yang berbeda, terdapat pilihan glamping yang menawarkan kenyamanan serta pemandangan pantai yang indah.

3. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pantai ini terkenal dengan pemandangan pasir putih yang luas, air laut biru tua, serta batuan karang yang menjulang tinggi. Selain berenang dan berjemur, Anda juga bisa menjelajahi gua-gua yang ada di sekitar pantai. Tiket masuknya hanya Rp5.000 dan buka 24 jam.

Di sekitar pantai terdapat homestay dan warung makan yang menyediakan hidangan laut segar, menjadikan Pantai Sawarna tempat yang sempurna untuk menghabiskan akhir pekan.

Baca juga: Cikoromoy Pandeglang

4. Pantai Carita

Pantai Carita yang berlokasi di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, adalah pantai tanpa karang dengan ombak yang relatif kecil, sehingga aman untuk bermain bersama anak-anak. Pantai ini juga menawarkan pemandangan Gunung Anak Krakatau yang spektakuler.

Tiket masuk untuk motor adalah Rp35.000-Rp50.000, dan Rp70.000-Rp100.000 untuk mobil. Pantai ini buka 24 jam dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir luas, area piknik, dan penyewaan peralatan snorkeling dan jet ski.

5. Pantai Karang Bolong

Terletak di Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Pantai Karang Bolong terkenal dengan batuan karang besar yang memiliki lubang di tengahnya, sehingga menciptakan pemandangan yang unik dan fotogenik. Pantai ini sangat cocok untuk aktivitas memancing dan fotografi. Tiket masuknya adalah Rp35.000-Rp50.000 per kendaraan dan buka 24 jam.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa menikmati makanan laut segar di warung-warung yang berada di sekitar pantai.

Baca juga: Ranu Gumbolo

6. Pulau Umang

Pulau Umang terletak di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Pulau ini menawarkan berbagai fasilitas mewah dan pemandangan eksotis. Pulau ini dilengkapi dengan resort yang menyediakan berbagai aktivitas seperti snorkeling, jet ski, dan banana boat. Tiket masuknya berkisar antara Rp180.000-Rp300.000 dan pulau ini buka dari pukul 06.00 hingga 18.00.

Selain itu, pulau ini juga menawarkan spa dan pusat kebugaran, membuatnya menjadi destinasi sempurna untuk liburan santai.

7. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang terletak di Selat Sunda, antara pulau Sumatra dan Jawa. Pulau ini menawarkan berbagai kegiatan menarik, termasuk jelajah pulau, snorkeling, dan diving. Tiket masuk berkisar antara Rp100.000-Rp200.000 per orang dan buka dari pukul 05.00 hingga 19.00.

Keindahan bawah lautnya yang mempesona dengan terumbu karang yang masih alami membuat pulau ini menjadi surga bagi penyelam. Terdapat juga jalur trekking yang memungkinkan Anda menjelajahi keindahan alam pulau dari atas permukaan.

Baca juga: CAS Water Park Cikole

8. Pulau Dua

Pulau Dua yang terletak di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, merupakan tempat bersarang ribuan burung migran dari berbagai negara. Pulau ini dikenal juga sebagai Pulau Burung karena menjadi tempat singgah burung-burung migran dari berbagai belahan dunia. Tempat ini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 dengan tiket masuk gratis.

Pengunjung dapat menikmati aktivitas birdwatching dan mengamati beragam jenis burung, serta menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri.

9. Pulau Tunda

Pulau Tunda yang masih alami dan sepi pengunjung memiliki pantai berpasir putih dan hutan mangrove yang lebat. Pulau ini cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dan kedamaian. Tiket masuknya adalah Rp10.000 dan buka 24 jam. Selain berenang dan berjemur, Anda juga bisa melakukan snorkeling dan menikmati keindahan terumbu karang serta biota laut yang ada di sekitar pulau. Terdapat juga beberapa homestay yang menawarkan pengalaman menginap dengan suasana pedesaan yang nyaman.

Baca juga: Saung Biru Pandeglang

10. Pulau Manuk

Pulau Manuk yang menjadi habitat alami ular laut berbisa ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dan laut yang jernih, cocok untuk berenang dan snorkeling. Anda dapat melihat ular laut dari jarak dekat dengan tiket masuk sekitar Rp5.000. Pulau ini buka 24 jam.

Meskipun terdapat ular laut, pulau ini cukup aman untuk dikunjungi karena ular-ular tersebut jarang muncul di permukaan. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dari pulau ini.

Tempat Wisata Taman Nasional dan Cagar Alam di Banten

Tempat Wisata Taman Nasional dan Cagar Alam di Banten
Sumber: voi.id

Banten tidak hanya memiliki pantai dan pulau yang indah, tetapi juga taman nasional dan cagar alam yang menakjubkan. Tempat-tempat ini menawarkan keanekaragaman hayati yang luar biasa dan merupakan surga bagi para pencinta alam dan petualangan. Berikut adalah beberapa taman nasional dan cagar alam di Banten yang patut Anda kunjungi.

11. Taman Nasional Ujung Kulon

Terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 51, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Taman Nasional Ujung Kulon adalah situs warisan dunia yang menjadi habitat badak bercula satu, hewan langka yang hanya ada di Indonesia. Taman nasional ini menawarkan berbagai aktivitas seperti trekking, snorkeling, dan diving. Tiket masuknya Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 pada hari libur. Taman ini buka 24 jam.

Selain badak bercula satu, taman ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna lainnya, seperti rusa, banteng, dan burung merak. Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar taman nasional, seperti Pulau Peucang dan Pulau Handeuleum, yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan kegiatan snorkeling yang menakjubkan.

12. Rawa Dano

Rawa Dano terletak di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Serang. Tempat ini sangat cocok bagi para pencinta petualangan dengan ekosistem rawa yang unik dan pemandangan alam yang memukau. Anda dapat menyewa perahu untuk menjelajahi rawa dan melihat berbagai jenis hewan liar seperti kera dan burung. Tiket masuk gratis dan buka 24 jam.

Di sekitar rawa, terdapat jalur trekking yang memungkinkan Anda menikmati keindahan alam dari dekat. Bagi yang suka memotret, Rawa Dano menawarkan banyak spot menarik untuk diabadikan, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Tempat Wisata Gunung dan Air Terjun di Banten

Tempat Wisata Gunung dan Air Terjun di Banten
Sumber: kompas.com

Banten juga menawarkan keindahan alam pegunungan dan air terjun yang menakjubkan. Dari gunung berapi yang aktif hingga air terjun yang eksotis, tempat-tempat ini menyediakan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa gunung dan air terjun di Banten yang wajib Anda kunjungi.

13. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883 menawarkan jalur pendakian yang menarik dan pemandangan alam yang luar biasa. Terletak di Selat Sunda, antara pulau Sumatra dan Jawa, gunung ini menjadi destinasi populer bagi para pendaki dan pecinta alam. Tiket masuk sekitar Rp100.000 per orang dan buka 24 jam.

Selain mendaki, Anda juga bisa berkemah di sekitar gunung dan menikmati pemandangan kawah yang masih aktif. Dari puncak gunung, Anda dapat melihat pemandangan laut yang luas dan pulau-pulau di sekitarnya, menjadikan pengalaman mendaki semakin berkesan.

14. Gunung Karang

Gunung Karang berlokasi di Pandeglang dan menawarkan pemandangan alam yang menawan serta jalur pendakian yang menantang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.778 meter di atas permukaan laut dan cocok untuk pendaki pemula maupun berpengalaman. Tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang dan buka 24 jam.

Di puncak gunung, Anda dapat menikmati pemandangan kota Pandeglang dan sekitarnya, serta melihat kawah yang masih aktif. Selain itu, terdapat sumber air panas alami di kaki gunung yang bisa Anda nikmati setelah lelah mendaki.

15. Curug Cihear

Curug Cihear terletak di perbatasan Desa Cigobang dan Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak. Air terjun ini memiliki tinggi 28 meter dan lebar 6 meter, menciptakan pemandangan yang spektakuler. Jalur menuju air terjun cukup menantang, namun sepadan dengan keindahan yang akan Anda temui. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Di sekitar air terjun, terdapat area berkemah yang cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan malam di alam terbuka. Suara gemericik air dan suasana alam yang tenang membuat Curug Cihear menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat.

16. Curug Gendang

Curug Gendang berlokasi di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7-8 meter dengan aliran air yang berasal dari mata air Gunung Panganjaran. Tiket masuknya Rp35.000 dan buka 24 jam. Curug Gendang menawarkan pemandangan alam yang indah dengan kolam alami di bawah air terjun yang cocok untuk berenang dan berendam.

Jalur menuju curug ini juga menawarkan pemandangan hutan yang asri dan udara yang segar, membuat perjalanan menuju curug semakin menyenangkan.

17. Curug Putri Carita

Curug Putri Carita terletak di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Air terjun ini memiliki ketinggian 3 meter dengan aliran air yang jernih dan segar. Keunikan curug ini terletak pada barisan tebing yang mengapit aliran sungai sepanjang 50 meter, menciptakan pemandangan yang eksotis. Tiket masuk Rp35.000 dan buka dari pukul 07.00 hingga 17.00.

Di sekitar air terjun, terdapat area piknik dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman, menjadikan Curug Putri Carita tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Tempat Wisata Budaya dan Sejarah di Banten

Tempat Wisata Budaya dan Sejarah di Banten
Sumber: kompas.com

Banten kaya akan warisan budaya dan sejarah yang dapat ditemukan di berbagai situs bersejarah dan desa adat. Dari keraton kuno hingga museum yang menyimpan koleksi berharga, tempat-tempat ini menawarkan wawasan mendalam tentang sejarah dan budaya Banten. Berikut adalah beberapa tempat wisata budaya dan sejarah di Banten yang wajib Anda kunjungi.

18. Desa Wisata Suku Baduy

Desa Wisata Suku Baduy terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Desa ini merupakan tempat tinggal Suku Baduy, salah satu suku adat di Indonesia yang masih menjaga tradisi dan adat istiadat leluhur. Anda dapat mengenal kehidupan masyarakat Baduy, melihat rumah-rumah bambu, dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Tiket masuknya Rp5.000 dan buka 24 jam.

Selain itu, Anda juga bisa membeli kain tenun khas Baduy yang dibuat secara tradisional oleh para perempuan suku Baduy. Mengunjungi desa ini akan memberikan pengalaman berharga tentang kesederhanaan hidup dan harmoni dengan alam.

19. Keraton Surosowan

Terletak di Jalan Masjid Agung Banten, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Keraton Surosowan adalah peninggalan Kerajaan Banten yang dibangun antara tahun 1526-1570. Meskipun bangunan keratonnya sudah hancur, Anda masih bisa melihat puing-puing bangunan yang menjadi saksi sejarah di masa lalu. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Selain itu, terdapat museum kecil di sekitar keraton yang menyimpan berbagai artefak bersejarah dan informasi mengenai sejarah Kerajaan Banten. Mengunjungi Keraton Surosowan akan membawa Anda kembali ke masa kejayaan Banten sebagai salah satu pusat perdagangan dan kebudayaan di Nusantara.

20. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk terletak di Kampung Pamarican, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Benteng ini dibangun pada 1682 oleh Belanda sebagai pertahanan dari serangan musuh. Meskipun kini bangunannya sudah tidak utuh, Anda masih bisa menikmati keindahan arsitektur tembok dan bastion yang dilengkapi dengan parit. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Selain menjelajahi benteng, Anda juga bisa menikmati pemandangan laut dari atas benteng dan melihat sisa-sisa meriam yang digunakan pada masa kolonial. Benteng Speelwijk merupakan tempat yang ideal untuk mempelajari sejarah kolonial di Banten dan menikmati pemandangan yang indah.

21. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten terletak di Jalan Komp. Masjid Agung Banten, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Masjid ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Banten yang sering menjadi tujuan wisata religi. Selain untuk menikmati keindahan bangunan yang menyerupai arsitektur Makkah, pengunjung juga datang untuk berziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Di sekitar masjid, terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai oleh-oleh khas Banten dan makanan tradisional yang bisa Anda coba. Mengunjungi Masjid Agung Banten akan memberikan pengalaman spiritual dan sejarah yang kaya.

22. Kelenteng Boen Hay Bio

Kelenteng Boen Hay Bio terletak di Jalan M. Arohim No.45, Desa Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Kelenteng ini merupakan salah satu kelenteng tertua di Tangerang yang dibangun pada 1694. Tempat ibadah ini memiliki arsitektur khas kelenteng dengan dominasi warna merah dan emas. Namun, Kelenteng Boen Hay Bio memiliki ciri khas berupa patung kepiting di atas pintu masuknya. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Selain menjadi tempat ibadah, kelenteng ini juga sering dikunjungi untuk berwisata dan mempelajari budaya Tionghoa di Tangerang. Di sekitar kelenteng, terdapat warung makanan yang menjual hidangan khas Tionghoa yang lezat.

23. Kelenteng Boen San Bio

Kelenteng Boen San Bio terletak di Jalan Ks. Tubun No.4, Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Didirikan pada 1689, bangunan kelenteng ini didominasi oleh warna merah serta sedikit biru dan kuning. Di bagian atap gerbangnya, Anda akan melihat patung burung phoenix dan naga yang menjadi ciri khas kelenteng ini. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Kelenteng ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan budaya Tionghoa di Tangerang. Mengunjungi Kelenteng Boen San Bio akan memberikan wawasan tentang tradisi dan budaya Tionghoa yang kaya di Banten.

24. Kelenteng Tjo Soe Kong

Kelenteng Tjo Soe Kong berlokasi di Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang. Selain menyuguhkan bangunan merah khas kelenteng, tempat wisata di Banten ini juga dilengkapi dengan kolam ikan yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

Kelenteng ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan budaya Tionghoa, serta berdoa dan berziarah. Suasana di sekitar kelenteng sangat tenang dan damai, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk refleksi dan meditasi.

25. Museum Banten Lama

Museum Banten Lama menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya Banten. Terletak di kompleks Banten Lama, museum ini menampilkan artefak dari masa kejayaan Kerajaan Banten, termasuk senjata tradisional, pakaian adat, dan berbagai benda peninggalan lainnya. Tiket masuk sekitar Rp10.000 dan buka dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Selain koleksi di dalam museum, pengunjung juga bisa menjelajahi situs-situs bersejarah di sekitar kompleks, seperti reruntuhan benteng dan makam para sultan. Mengunjungi Museum Banten Lama akan memberikan wawasan mendalam tentang sejarah dan kebudayaan Banten.

26. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage terletak di Jalan Cilame No. 18&20, Pasar Lama, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Museum ini merupakan museum Tionghoa pertama di Indonesia yang memperkenalkan budaya dan sejarah Tionghoa di Tangerang. Di dalamnya, Anda bisa melihat koleksi barang antik, termasuk botol kecap, timbangan opium, keramik, dan masih banyak lagi. Tiket masuk Rp20.000 dan buka dari pukul 10.00 hingga 17.00 (Selasa-Minggu).

Museum ini juga sering mengadakan acara budaya dan edukasi, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk mempelajari lebih lanjut tentang komunitas Tionghoa di Indonesia.

27. Museum Badak Jawa

Museum Badak Jawa didedikasikan untuk melestarikan badak Jawa yang terancam punah. Terletak di dekat Taman Nasional Ujung Kulon, museum ini menampilkan replika badak Jawa, informasi tentang habitat dan perilaku mereka, serta usaha konservasi yang dilakukan untuk melindungi spesies ini. Tiket masuk sekitar Rp10.000 dan buka dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Selain itu, museum ini juga menyediakan program edukasi untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi badak Jawa dan satwa liar lainnya. Mengunjungi Museum Badak Jawa akan memberikan Anda wawasan tentang upaya konservasi dan tantangan yang dihadapi dalam melindungi spesies yang terancam punah.

Tempat Wisata Outdoor dan Petualangan di Banten

Tempat Wisata Outdoor dan Petualangan di Banten
Sumber: bantengate.id

Banten juga menawarkan berbagai aktivitas outdoor dan petualangan yang menarik. Dari arung jeram hingga panjat tebing, Anda dapat menikmati berbagai kegiatan yang menantang dan memacu adrenalin di sini. Berikut adalah beberapa tempat yang menyediakan aktivitas outdoor dan petualangan di Banten.

28. Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang terletak di Jalan Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak. Sungai ini cocok untuk pemula hingga yang berpengalaman, dengan panjang jalur mulai dari 700 meter hingga 25 km. Tiket masuk berkisar antara Rp50.000-Rp350.000 dan buka dari pukul 08.00 hingga 17.00.

Selain arung jeram, Anda juga bisa mencoba aktivitas river tubing yang menawarkan pengalaman seru menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban karet. Di sekitar sungai, terdapat fasilitas penunjang seperti tempat parkir, warung makan, dan area berkemah untuk Anda yang ingin menginap.

29. Tebing Koja Kandang Godzila

Tebing Koja terletak di Jalan Raya Cisoka, Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Tebing ini dikenal juga dengan sebutan Kandang Godzila karena formasi batuannya yang unik menyerupai punggung Godzila. Tiket masuknya Rp10.000 dan buka dari pukul 06.00 hingga 18.00.

Tempat ini sangat populer untuk aktivitas panjat tebing dan fotografi, terutama saat matahari terbenam. Di sekitar tebing, terdapat spot-spot foto yang menarik dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sawah dan ladang yang hijau di sekitar area tebing.

30. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka terletak di Jalan Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Telaga ini merupakan bekas galian pasir yang bertransformasi menjadi danau indah dengan tiga warna berbeda: hijau, kuning, dan toska. Tiket masuknya Rp10.000 dan buka dari pukul 06.00 hingga 18.00.

Keindahan telaga ini menjadikannya tempat favorit para pemburu foto. Di sekitar telaga, terdapat area piknik dan fasilitas penyewaan perahu untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan dari atas air. Selain itu, terdapat juga warung-warung yang menjual makanan dan minuman, menjadikan Telaga Biru Cisoka tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Dengan banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi, Banten memang menjadi destinasi yang tepat untuk Anda yang ingin berlibur dengan biaya yang terjangkau namun tetap mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Selamat berlibur di Banten!

Tanggapan:

5 dari 1 Pembaca

Bagikan Artikel Ini Ke:

Rafi Abrar
Rafi Abrar
Senang berjalan-jalan ke seluruh tempat wisata yang ada di Indonesia sembari menulis artikel.