Evi Wisata

15 Makanan Khas Karawang Paling Enak Yang Terkenal

Nama Karawang sudah dikenal sebagai kota industri, karena banyaknya pabrik yang berdiri di Karawang. Namun, tahukah kamu kalau Karawang juga dikenal dengan beragam kuliner yang enak. Penasaran makanan khas Karawang yang sangat populer dan tentu saja enak? Kami akan ulas lengkap khusus buat kamu.

Makanan khas dari daerah Karawang ini bukan saja sajian berat, tetapi juga ada beberapa camilan yang sangat nikmat dan cukup dikenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan memiliki beberapa tempat wisata Karawang yang menarik.

Rekomendasi Makanan Khas Karawang Yang Wajib Dicoba

Warga ibukota jika berlibur, salah satu tempat rujukannya adalah Karawang selain daerah puncak tentunya. Alasannya, salah satu daerah di Jawa Barat ini dikenal memiliki banyak sekali makanan khas Karawang yang enak.

Di bawah ini sedikitnya ada 15 makanan atau sajian khas Karawang yang cukup populer dan tentu saja enak yang sudah dirangkum tim Evi Wisata.

1. Jojongkong

Kuliner khas Karawang, Jojongkong

Makanan atau lebih tepat disebut jajanan yang pertama adalah Jojongkong. Camilan ini memiliki cita rasa perpaduan antara manis dan juga gurih. Jojongkang sudah ada sejak lama dan bertahan hingga saat ini karena sangat pas buat lidah kebanyakan orang Indonesia.

Bahan utama dari Jojongkang adalah beras, tepung ketan, dan juga tepung kanji. Sedangkan untuk cita rasanya menggunakan gula dan garam dengan takaran yang pas. Untuk isiannya menggunakan parutan kelapa dan juga gula merah.

Cara masak jojongkang adalah dengan cara dikukus selama beberapa jam. Sebelum dikukus, adonan jojongkang dibungkus terlebih dahulu dengan menggunakan daun pisang. Dan yang membuat aromanya khas adalah penggunaan daun pandan suji yang direbus bersamaan dengan adonan jojongkang.

2. Serabi Hijau

Serabi Hijau

Kuliner khas Karawang berikutnya adalah serabi hijau. Jajanan ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 1995 dan hingga kini menjadi salah satu kuliner khas dari Karawang.

Warna hijau dari serabi yang satu ini didapatkan dari pewarna alami, yakni penggunaan daun suji. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengalami masalah kesehatan akibat penggunaan pewarna buatan yang melebihi batas kadar yang ditentukan.

Sajian ini sangat cocok dinikmati atau disantap pada pagi hari dengan ditemani secangkir teh atau kopi. Serabi hijau biasa disajikan dengan tambahan kuah santan yang dipadukan dengan gula aren.

3. Es Walikota

Sebagai kota industri, kemacetan di beberapa ruas jalan sudah menjadi pemandangan yang biasa. Jika kamu berkendara cukup lama di tenga kemacetan, tentu akan nikmat jika menemukan sajian minuman dingin yang menyegarkan dan enak.

Es walikota sudah sangat populer di masyarakat Karawang dan sekitarnya, dan minuman ini sangat tepat untuk menghilangkan dahaga dan rasa lelah di jalan atau selepas kerja.

Komposisi dari es walikota terdiri dari buah kolang kaling, aneka buah, nata de coco, selasih, jeli, dan juga guyuran sirup aneka rasa buah di atasnya. Siapa yang tidak ingin mencoba es yang sangat populer di Karawang ini.

4. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Kuliner berikutnya yang menjadi makanan khas Karawang adalah ikan gabus bumbu pucung. Penampilannya mirip seperti makanan khas Jawa Timur, yakni rawon. Hal ini karena kesamaan warna kuahnya yang hitam dan juga penggunaan bumbu keluwek pada proses pembuatannya.

Kuah dari sajian khas Karawang ini lebih encer dibandingkan dengan rawon, namun memiliki perpaduan cita rasa pedas, gurih dan ada sedikit manisnya. Rasa yang khas ini dan juga penggunaan ikan gabus yang begitu gurih, dipastikan akan berhasil menggoyang lidah kamu.

Selama di Karawang, kamu akan mudah menemukan warung makan dengan menu ikan gabus bumbu pucung, karena makanan ini sudah menjadi ikon kota Karawang.

5. Kue Gonjing

Kue Gonjing

Jika kamu mengenal kue rangin, maka kamu pasti tidak asing juga dengan kue gonjing. Penampilan dan juga cita rasanya memang mirip dengan kue rangin. Bisa jadi kue rangin sendiri asalnya memang dari Karawang dengan penyebutan awalnya adalah kue gonjing.

Masyarakat Karawang sudah mengenal kue yang satu ini sejak zaman Belanda masih ada di bumi pertiwi. Perpaduan rasa gurih dan manis dari kue gonjing memang sangat cocok bagi lidah siapa saja yang mencobanya.

Biasanya dalam penyajiannya diberi tambahan toping di atas kue gonjing, bisa menggunakan gula halus maupun kasar, bahkan ada yang menyantapnya dengan sambal. Karena dasarnya memiliki rasa yang gurih, maka penggunaan sambal bisa menjadi nikmat bagi sebagian orang.

Baca juga: Makanan Khas Pontianak

6. Bolu Kijing

Bolu Kijing

Masuk daftar camilan khas Karawang berikutnya adalah bolu kijing. Rasa manis dan ada sedikit gurih adalah cita rasa khas dari kue yang sudah populer sejak berpuluh tahun lamanya.

Banyak wisatawan yang sedang berkunjung di Karawang, ketika ingin pulang dan membeli oleh-oleh, maka kue yang satu ini selalu masuk dalam daftar beli para wisatawan.

7. Soto Tangkar

Soto Tangkar

Tidak hanya soto Lamongan atau soto Betawi yang menjadi hidangan soto paling populer, di Karawang ada hidangan soto juga yang sangat digemari oleh banyak orang, yakni soto tangkar.

Yang menjadi isian dari soto tangkar memang lain dari soto selainnya, yakni kulit daging dan potongan kikil yang teksturnya sangat empuk sekali. Perpaduan dengan kuah kuning dan taburan bawang goreng, menjadikan rasa soto tangkar tidak bisa terlupakan jika sudah mencobanya.

Kamu juga bisa menambahkan sate paru, perkedel, hingga babat sebagai topingnya. Ketika menyantapnya, jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis yang bikin kuah soto tangkar makin segar.

Soto tangkar sangat cocok disajikan dalam kondisi hangat dengan nasi hangat juga. Di warung-warung yang menyajikan soto tangkar, juga menyediakan emping dan sambal untuk menambah sedap rasa dari makanan khas Karawang ini.

8. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Kalau kuliner yang satu ini merupakan perpaduan citarasa kuliner Jawa dan juga Sunda, dan sangat populer di daerah Jawa Barat, khusunya Karawang. Hampir semua sudut kota Karawang pasti ada yang menjual nasi liwet.

Rasa yang gurih nasi liwet berasal dari campuran santan kelapa dalam proses pembuatannya. Disajikan hangat dengan lauk sederhana seperti tempe bacem, tahu, dan juga telor, sudah sangat nikmat disantap.

9. Kue Ali

Kue Ali

Makanan khas Karawang yang populer berikutnya adalah kue Ali. Bagi kamu yang sedang berlibur di Karawang, sayang untuk tidak mencicipi jajanan lokal yang sudah dikenal masyarakat luas ini.

Kue yang memiliki cita rasa manis, gurih dan legit ini dikenal juga dengan sebutan kue cincin. Hal ini karena penampakannya yang mirip dengan donat namun pipih serta ada lubang ditengahnya, mirip dengan cincin.

10. Gegeplak

Gegeplak

Tampilan yang warna-warni membuat jajanan yang satu ini sangat menggiurkan siapapun yang memandang. Tidak hanya warna yang menarik, jika kamu mencobanya, dijamin kamu bakalan ingin makan lagi.

Gegeplak adalah jajanan khas Karawang yang enal dan cukup terkenal di kalangan wisatawan. Komposisi gegeplak sangat sederhana, yakni kelapa muda, garam, air, gula pasir, dan pewarna alami.

Gegeplak biasanya dibuat untuk disajikan kepada para tamu dalam sebuah acara. Namun, karena rasanya yang enak, saat ini sudah tersedia sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang bekunjung ke Karawang.

Baca juga: Makanan Khas Bali

11. Soto Gempol

Soto Gempol

Selain soto tangkar, di Karawang juga ada soto yang enak dan populer, yakni soto gempol. Bahkan banyak yang meyakini, kemunculan soto gempol lebih dahulu daripada soto tangkar.

Untuk isiannya berbeda dengan soto tangkar yang menggunakan kulit daging dan kikil. Soto gempol biasanya disajikan dengan isian usus, babat, atau bisa juga daging ayam. Harga per mangkoknya bisa berbeda bergantung ragam isian yang kamu inginkan.

Ada juga tambahan berupa wortel, bunga kol, dan juga mentimun yang diolah menjadi acar. Ini yang menjadi kekhasan dari soto gempol yang tidak akan kamu jumpai pada jenis soto selainnya.

12. Pepes Walahar

Pepes Walahar

Di Karawang, pepes juga menjadi makanan khas yang banyak dijumpai di berbagai sudut kota Karawang. Olahan pepes sangat banyak di berbagai warung, dan yang paling terkenal dan menjadi ciri khas kuliner Karawang adalah pepes walahar.

Walahar diambil dari nama sebuah bendungan yang ada di Karawang. Dan lokasi pepesnya berdekatan dengan bendungan ini, maka disebut pepes Walahar. Ada beragam jenis isian pepes di sini, mulai dari oncom, teri tahu, ikan mas, dan juga jambal.

Olahan pepes bisa tahan seharian, sehingga sajian ini dikemas juga dalam bentuk oleh-oleh. Karena itulah pepes Walahar menjadi salah satu kuliner terkenal dari Karawang.

13. Gandasturi

Gandasturi

Memiliki nama yang cukup unik, jajanan bernama Gandasturi ini cukup terkenal dan memiliki rasa yang sangat enak. Diolah dari bahan utama kacang ijo dan juga adonan tepung, yang kemudian di masak dengan cara digoreng.

Gandasturi menjadi gorengan yang memiliki sensasi rasa gurih dan juga manis karena ada isian kacang ijo di dalamnya. Teksturnya lembut namun juga renyah khusunya di lapisan luarnya. Mungkin agak mirip dengan salah satu jajanan khas Jawa, yakni onde-onde.

14. Rengginang Ketan

Rengginang Ketan

Makanan khas Karawang Jawa Barat selanjutnya adalah rengginang ketan. Jajanan yang mirip dengan kerupuk ini sangat pas buat oleh-oleh ketika berkunjung ke Karawang.

Sebagaimana namanya, bahan utama dari rengginan ini adalah beras ketan. Makan jajanan ini sama saja kamu sudah makan nasi, dijamin kenyang karena rasanya bikin kamu ketagihan untuk terus memakannya.

Umumnya tersedia dalam dua varian warna, putih dan hitam. Rengginang ketan bisa kamu dapatkan di berbagai toko oleh-oleh seantero Karawang. Banyak yang pasti suka dengan regginang ketan ini, sehingga sangat pas jika kamu membelinya untuk dibagikan ke teman-teman.

15. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot

Makanan khas Karawang terakhir yang kami rekomendasikan adalah kerupuk bontot. Bukan karena namanya bontot, terus kami tempatkan di nomor terakhir. Melainkan karena jajanan ini dibuat dari bahan sisa adonan kerupuk ikan.

Kerupuk bontot sangat nikmat disajikan dengan kuah pempek ataupun saus kacang. Jajanan yang satu ini selalu cepat habis di etalase toko oleh-oleh, karena banyak wisatawan yang memborongnya untuk oleh-oleh teman, saudara, dan para tetangga.

Demikian informasi makanan khas Karawang paling enak yang terkenal tidak hanya di Karawang, namun di Indonesia, bahkan beberapa negara sudah mengenalnya karena ada yang mulai mengekspornya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Rafi Abrar
Rafi Abrar
Senang berjalan-jalan ke seluruh tempat wisata yang ada di Indonesia sembari menulis artikel.